Rabu, 05 Agustus 2015


Kenapa Milih Teknik Mesin ?



Why mechanical engineering?

Kenapa mesti teknik mesin? Mau bikin bengkel ya?

Bau asap donk?



Dulu waktu mengisi formulir SNMPTN, pilihan universitas sudah saya bulatkan di Universitas Tadulako. Namun pilihan jurusan masih saya kosongkan semalaman. Saya masih berpikir keras apakah strategi saya sudah pas atau belum. Orang tua menyerahkan sepenuhnya kepada saya, tak pernah intervensi, maupun paksaan untuk kuliah dimana.


Setelah lulus dan menjalani perkuliahan, awalnya saya sempat menyesal dengan pilihan kuliah saya. Dengan nilai tahun awal (kalkulus, fisika dkk) yang jelek, kenapa dulu gak pilih Astronomi, Sejarah atau FISIP saja. Saya ragu apakah bisa melewati kuliah dengan kurikulum mesin?
kenapa sempat menyesal?

  1. Materi kuliahnya termasuk jajaran kelas berat ( you must kill the monster thermodynamics, mekanika, conversion energy, etc, or you die ).
  2. Pelit dalam memberikan nilai,tapi semua tergantung teman-teman semua kok jangan pernah cari masalah dengan dosen karena mereka juga pernah kuliah,jadi pasti mereka lebih mengetahui dunia MESIN,dan Kerja keras itu patut di perhitungkan.
  3. Ceweknya sedikit, ini yang paling krusial. Kami semua susah mencari fotokopi catatan dengan tulisan yang lebih rapi dan girly tentunya untuk penyemangat belajar.
Lulus tepat waktu itu #antimainstream banget. Cuma 10 orang dari 150 orang yang lulus tepat waktu 4 tahun pas.(semoga saya salah satunya) Amin.. :D
Sebenarnya ada perbedaan persepsi antara opini masyarakat dengan apa itu teknik mesin sebenarnya. Seorang sarjana teknik mesin bisa saja dia tidak mengerti bila mesin mobilnya rusak.


Tidak salah orang-orang bilang lulusan Teknik Mesin bisa kerja di bengkel, pabrik, berlumuran oli dan keringat. Tapi kenyataannya sarjana Teknik Mesin kebanyakan bekerja belakang meja ( sebagai engineer, maintenance planner, designer), di balik komputer.


Pada dasarnya, apa yang dipelajari di Teknik Mesin adalah hal yang sama dengan apa yang dipelajari di Fisika pada saat SMA,hanya saja teknik mesin menekankan pada ilmu mekanika serta penerapannya dalam kehidupan
.
Di Teknik Mesin kalian akan menemukan apa yang namanya Thermodinamika (binggung dengan mata kuliah yang ini), Proses Manufaktur (oke,yang ini masih bisa di maklumi), atau Polimer dan Komposit (mungkin ini favorit).


Semua penderitaan kami di Teknik Mesin sebenarnya dibayar ketika lulus. Lulusan teknik mesin akan senyam senyum sendiri ketika datang ke sebuah jobfair. Tulisan bachelor degree of Mechanical Engineering nongkrong di Semua di perusahaan bonaft di Oil Company, Mining, Manufaktur, dlsb.



Kalau mengingat-ingat dulu waktu kuliah bareng begadang bikin laporan praktikum sampai tengah malam sekarang malah senyum-senyum sendiri melihat teman-teman dan alumni-alumni besebaran di perusahan-perusahaan besar,maupun menyambung S2 didalam negeri atau diluar negeri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar